Friday, April 27, 2007

Mobil Sport dan Keluarga

Otomotif
Mobil keluarga jenis kendaraan selalu menjadi primadona dunia.


Sekarang, mobil keluarga telah menjadi jenis kendaraan yang selalu menjadi primadona para pabrikan di dunia. Nyaris tak satu pun pabrikan otomotif kecuali produsen supercar yang tak membuat mobil dengan rancangan kabin lega dan performa lembut bagi kepentingan perjalanan darat pada keluarga. Pada perkembangannya, performa mesin berkapasitas besar dan interior mewah selalu mewarnai mobil keluarga keluaran terkini. Selain juga terus dikembangkannya sistem tempat duduk fleksibel hingga dapat diatur dalam banyak posisi serta fitur entertainment.

Yang berkesan menakjubkan, ternyata kini telah dikembangkan mobil keluarga yang dipadukan dengan kendaraan sport. Adalah pabrikan otomotif Jepang, Nissan Motor Company, yang berani mengeluarkan produk spektakuler tersebut. Ditawarkan dengan nama Nissan Tone, produk yang masih berupa mobil konsep tersebut sempat menjadi salah satu primadona di Paris Motor Show 2004 yang lalu. Tone diperuntukkan bagi pengendara pecinta mobil sport yang ingin mengajak keluarganya menikmati keagresifan sekaligus performa kendaraan keluarga, demikian laporan Indomobil Magazine edisi 6 tahun 2004.

Masuk klasifikasi mini-minivan dengan rancangan lima pintu, Nissan Tone mengendong mesin tipe front engine. Hebatnya, sistem penggerak rodanya, persis seperti mobil jenis jip, Four Wheel Drive (4x4). Bayangkan seperti apa performa laju mobil berdimensi (pxlxt) 4.055 mm x 1.705 mm x 1.542 mm ini bila fasilitas FWD-nya diaktifkan. Tentu karena ditawarkan sebagai mobil keluarga, maka sumbu rodanya dibuat cukup panjang, yakni 2.600 mmm sehingga unsur stabilitasnya dapat terpenuhi. Menjadi kian terasa nyaman, ternyata produk konsep ini bakal menggunakan sistem transmisi otomatik enam kecepatan.

Lalu, kabin dalam dengan lima penumpang pun telah disiapkan bagi kenyamanan keluarga. Dengan standar jok kulit dan kelegaan antara penumpang yang dijanjikan melengkapi kesan futuristik karena sejumlah cluster instrument yang didominasi warna silver. Walaupun masih berupa mobil konsep, seluruh tampilan -- kecuali jenis mesinnya -- sudah mendekati bentuk pada produksi massalnya nanti. Kabarnya, Nissan Tone akan mulai diproduksi pada 2006 di pabrik Nisaan yang ada di Sunderland Inggris. Di pabrik inilah Nissan Micra dan Primera juga diproduksi. Tak pelak, para pengamat pun menyatakan adanya kemiripan bagian tertentu Tone dengan kedua produk tersebut. Melengkapi obsesi mewujudkan impian mobil keluarga berkemampuan sport, produk ini juga dilengkapi sejumlah teknologi canggih. Salah satunya adalah fitur intelegent key, sebutan lain untuk teknologi keyless entry.

By Agung/Sinyo

sumber: Republika-ol:02-12-04




Associated Topics



"Mobil Sport dan Keluarga" | Login/Create an Account | 0 comments
The comments are owned by the poster. We aren't responsible for their content.


No Comments Allowed for Anonymous, please regist

No comments: